Eksistensi Jajanan Pasar dari Masa ke Masa

Eksistensi Jajanan Pasar dari Masa ke Masa

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki makanan khas. Di Jawa sendiri, banyak sekali makanan khas yang sejak dahulu sudah ada dan terus bertahan hingga kini. Salah satu contoh makanan khas tersebut adalah jajanan pasar.

Walaupun namanya jajanan pasar, namun memiliki banyak penggemar. Jajanan pasar merupakan kudapan murah meriah yang beragam dengan cita rasa khas tradisional. Serabi, klepon, cenil, gembukan, cakwe, carabikang, aneka gorengan, merupakan sebagian kecil dari jajanan pasar yang sudah ada sejak dahulu dan tetap eksis sampai sekarang.

Banyak pasar tradisional di Jawa menjual aneka jajanan pasar. Untuk menikmatinya, dapat disantap dengan ditemani secangkir teh atau kopi bersama keluarga. Selain itu, seiring berjalannya waktu, jajanan pasar juga masuk ke dalam menu segala acara baik formal maupun non-formal. Tak jarang kita menemui acara pernikahan yang menyuguhkan snack berupa jajanan pasar. Untuk acara-acara tradisional, jajanan pasar menjadi kudapan yang tidak boleh ketinggalan.

Selain unik, jajanan pasar memiliki banyak penggemar dari usia muda hingga tua, menjadikan kudapan ini cocok disajikan dimanapun dan kapanpun. Hal ini membuktikan bahwa eksistensi jajanan pasar tak lekang oleh waktu.