Fakta dan Resep Infused Water

Fakta dan Resep Infused Water

Pernah melihat orang menenteng botol air mineral yang diisi dengan potongan lemon atau buah-buahan lain? Seperti itulah yang dinamakan dengan infused water. Infused water dibuat dengan menambahkan potongan buah ke dalam sebotol air mineral. Minuman ini menjadi populer karena diklaim mendatangkan banyak manfaat. Namun benarkah demikian?


Sarana detoks dan trik memperlancar metabolisme tubuh

Potongan lemon yang dimasukkan dan dikonsumsi bersama air mineral diklaim sebagai sarana detoks yang baik bagi tubuh. Ide detoks berasal dari kepercayaan bahwa racun bisa menumpuk di dalam tubuh dan dengan pola makan khusus atau detoks, racun ini bisa dihilangkan.


Anti-penuaan

Air mineral yang dipadukan dengan buah-buahan yang kaya antioksidan, seperti delima dan strawberry, dianggap dapat menjadi sarana ampuh melawan efek penuaan. Antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang berdampak buruk bagi tubuh. Mengonsumsi banyak buah dan sayur-sayuran menunjukkan hasil positif dalam menghambat proses penuaan.

Minum infused water bisa memberikan manfaat lebih dalam anti-penuaan dibandingkan dengan minum air putih saja. Namun jika ingin memaksimalisasi jumlah antioksidan di dalam pola makan sehari-hari, jangan batasi buah terendam di dalam infused water saja. Lebih baik untuk mengonsumsi beragam buah dan sayur-sayuran secara langsung.

Menurunkan berat badan menjadi lebih ideal

Mengonsumsi infused water diklaim bisa menurunkan berat badan menjadi lebih ideal. Namun, belum ada penelitian medis yang membuktikan klaim tersebut. Berat badan ideal yang sehat paling baik dicapai dengan olahraga teratur dan pola makan yang sehat.


Faktanya, minuman ini bermanfaat, khususnya bagi orang-orang yang tidak suka mengonsumsi air mineral dan anak-anak yang kurang suka mengonsumsi buah-buahan. Dengan infused water, mereka dapat mengonsumsi air mineral dengan aneka rasa berbeda yang dapat diganti tiap hari sesuai dengan pilihan buah-buahan yang diinginkan.

Berikut adalah komposisi infused water yang bisa Anda coba:

•Jeruk dengan strawberry, tambahkan daun mint supaya rasanya tidak terlalu asam. Atau bisa juga mengganti jeruk bisa dengan lemon.

•Jeruk keprok, mentimun, dan strawberry. Jika tidak suka yang terlalu asam, jumlah jeruk dan strawberry bisa dikurangi dan mentimun diperbanyak.

•Apel ditambahkan dengan 2 potong kayu manis. Untuk Anda yang tidak suka rasa asam, ini tentunya sangat cocok.

•Mangga dan jahe yang disisir tipis atau dipotong kecil-kecil.

•Mangga dengan 2 potong jeruk nipis dan tambahkan beberapa daun mint.

•Strawberry ditambahkan beberapa irisan buah kiwi dan jeruk lemon. Sedikit asam namun sangat enak dan menyegarkan.

•Mentimun, boleh dalam jumlah banyak, beberapa daun mint, dan irisan jeruk nipis.