Wedding Catering Tips: Persiapan Besar Menentukan Hasil Maksimal

Wedding Catering Tips: Persiapan Besar Menentukan Hasil Maksimal

1. Survei

Jangan malas untuk melakukan survei karena hal ini sangatlah krusial. Yang dapat dilakukan adalah dengan bertanya terlebih dahulu kepada orang-orang yang telah berpengalaman menggunakan berbagai jasa catering. Selain itu, browsing juga dapat dilakukan dengan melihat website berbagai catering dan menghubungi kontak yang ada. Kemudian, akan lebih baik jika survei dilakukan dengan mendatangi langsung alamat catering.

2. Menu Andalan 

Masing-masing vendor catering biasanya memiliki satu atau lebih menu andalan. Hal ini perlu ditanyakan sebagai langkah awal dalam mengetahui spesifikasi menu yang mereka miliki. Catering yang menu andalannya adalah Selad Solo misalnya, dapat diprediksi mereka ahli dalam mengolah menu khas Indonesia. Namun, catering yang menu andalannya Bebek Peking atau Tom Yum, kemungkinan besar lebih memiliki keahlian di menu oriental. Bagi Anda calon pengantin yang akan menggelar pernikahan bertema tradisi, beberapa vendor catering juga kerap menyediakan menu khas Indonesia selain menu western atau oriental yang memang biasa ditemukan di setiap pesta. 

3. Peralatan Lengkap dan Pegawai Profesional

Saat melakukan survei, pastikan catering tersebut memiliki peralatan yang lengkap dan pegawai yang profesional. Bukan hanya dari segi jumlah yang banyak, tetapi juga kapabilitas dan profesionalisme mereka dalam bekerja. Ini akan menentukan apakah mereka sanggup menangani pesta Anda. Terlebih jika catering tersebut menangani beberapa acara dalam satu hari sekaligus. Diskusikan dengan pihak vendor, apa saja yang Anda butuhkan dan pastikan mereka sanggup menangani semua kebutuhan tersebut. 

4. Harga

Harga juga menjadi salah satu hal penting dalam memilih catering untuk pernikahan. Jika anda memang sudah mengalokasikan dana yang cukup besar untuk catering, jangan sampai anda salah pilih vendor. Atau, sudah pilih vendor yang benar namun kurang teliti dalam memilih menu sehingga hasilnya kurang maksimal. Namun, bila budget anda kurang, sementara harganya terlalu tinggi dan Anda sudah jatuh cinta pada vendor tersebut, cobalah untuk bernegosiasi. Barangkali ada item yang tidak terlalu penting yang dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan. Bila masih juga tidak sesuai, ada baiknya Anda melirik vendor catering lain yang harganya sedikit lebih rendah, namun dengan kualitas yang tetap terjaga.

5. Test Food

Hal terakhir yang paling wajib dan sayang jika dilewatkan adalah test food. Sempatkan waktu untuk mendatangi tempat catering yang akan Anda pilih, jangan lupa agendakan janji dengan pihak catering, dan cobalah beberapa menu yang akan Anda pilih untuk acara pernikahan Anda nantinya. Karena dengan begitu, Anda akan mengetahui rasanya, dan jika kurang sesuai Anda dapat mengganti menu dan menyesuaikannya kembali. 

Dari kelima tips di atas, semoga bermanfaat dan dapat diterapkan untuk acara yang akan Anda selenggarakan.