Good Food Comes From Good Ingredients

Good Food Comes From Good Ingredients

Sesuatu yang kita makan akan berpengaruh pada tubuh kita. Makanan yang baik tentu akan memberikan dampak yang baik pula pada tubuh, begitu juga sebaliknya. Baik atau tidaknya makanan yang kita konsumsi berhubungan dengan kualitas dari makanan tersebut.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kualitas dari hidangan makanan. Dan, salah satunya adalah bahan yang digunakan. Bahan makanan yang kurang bagus tentunya akan mempengaruhi kualitas makanan, mulai dari tampilan hingga rasa. 

Lalu, seperti apa sih seharusnya bahan makanan yang digunakan agar kualitas makanan tetap terjaga?

Pertama, kebersihan. Kebersihan bahan makanan yang akan dipilih merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Kebersihan bahan makanan biasanya terkonsentrasi pada tempat ataupun wadahnya. Jika bahan makanan tersebut berada atau dikemas dengan wadah yang kurang bersih, tentu kualitasnya akan berkurang, serta cenderung terkontaminasi bakteri dari luar. Maka kita perlu teliti saat membeli. Pastikan bahwa bahan makanan tersebut berada di tempat yang seharusnya serta terkemas dengan baik. Jangan lupa pula untuk mengecek tanggal kadaluarsanya.

Kedua, kesegaran. Kondisi bahan makanan yang kurang segar biasanya akan berpengaruh pada cita rasa yang timbul saat makanan sudah matang atau tersaji. Bahan makanan yang kurang segar juga akan mengurangi nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Beberapa bahan makanan yang perlu diperhatikan kesegarannya yaitu bahan-bahan mentah seperti produk hewani (ikan, daging, telur), sayuran, dan buah. Maka, jika kita membeli jenis bahan-bahan tersebut alangkah baiknya untuk tidak membuat stock terlalu banyak.