Menjaga Kesehatan Tubuh Melalui Konsumsi Makanan

Menjaga Kesehatan Tubuh Melalui Konsumsi Makanan

Setiap tanggal 12 November Indonesia memperingati Hari Kesehatan Nasional atau HKN. Di peringatan yang ke-53 tepatnya di tahun 2017 ini, pemerintah mengusung tema ‘Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku’.

Hari Kesehatan Nasional mengingatkan kita pada arti pentingnya kesehatan yang tak ternilai harganya. Selain lingkungan dan gaya hidup, faktor kesehatan tubuh lainnya yaitu makanan yang kita konsumsi. Bagi sebagian orang kandungan makanan yang dikonsumsi mungkin tidak terlalu penting. Namun, hal tersebut merupakan hal utama yang harus diperhatikan karena akan berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Untuk menjaga kesehatan tubuh dapat dimulai dari konsumsi makanan kita sehari-hari. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi makanan agar kesehatan tubuh tetap terjaga?

1. Jangan pernah melewatkan sarapan

Jangan anggap sepele sarapan. Sarapan memberikan manfaat penting bagi tubuh, yaitu memenuhi nutrisi tubuh dan menjaga kadar kolesterol tetap sehat. Dengan sarapan kemungkinan kebiasaan ngemil sepanjang hari akan berkurang, sehingga kadar konsumsi makanan tetap terkontrol.

2. Tak hanya karena selera, pilih makanan yang sehat dan bergizi

Jika mengikuti selera, konsumsi makanan tidak akan terkontrol. Coba mulai membiasakan memilih makanan yang sehat dan mengandung gizi. Misalnya yang mengandung banyak sayuran, buah-buahan, ikan, dan daging yang diolah secara sehat.

3. Konsumsi makanan dengan kandungan seimbang

Sumber nutrisi tubuh berasal dari berbagai bahan makanan. Sayuran dan buah mengandung banyak serat, ikan dan daging mengandung protein, lalu nasi atau roti mengandung karbohidrat. Tetap jalankan pola makan seimbang dengan mengonsumsi berbagai varian sumber makanan agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap terjaga. Untuk memenuhinya, kita bisa membuat schedule agar pola tersebut tetap berjalan.