5 Masakan Berbahan Dasar Jamur yang Bisa Dibuat di Rumah

5 Masakan Berbahan Dasar Jamur yang Bisa Dibuat di Rumah

Jamur dikenal memiliki banyak serat di dalamnya. Walaupun tidak memiliki klorofil seperti sayuran lainnya, jamur cukup digemari oleh masyarakat. Jamur dapat diolah sebagai cemilan ataupun lauk. Jamur juga bisa menjadi olahan sehari-hari kamu di rumah.

Nah, jika bosan dengan olahan jamur yang itu-itu saja, berikut olahan jamur yang bisa dicoba dirumah:

1. Sate Jamur Tiram Bumbu Kecap

Bahan utama yang digunakan tentunya ialah jamur tiram. Diketahui jamur tiram baik untuk kekebalan tubuh dikarenakan adanya senyawa anti-oksidan yang tinggi. Bumbu yang digunakan tidak berbeda dengan bumbu sate pada umumnya yaitu bawang putih, bawang bombay, garam, kecap, merica dan gula yang sudah ditumis. Kemudian, potong jamur sesuai ukuran yang diinginkan lalu oleskan bumbu tumis, panggang sampai matang. Jangan lupa tambahkan jeruk nipis agar rasa semakin nikmat.

2. Telur Dadar Jamur Tiram

Telur sudah menjadi makanan wajib setiap keluarga. Kalau bosan dengan olahan telur dadar yang itu-itu saja, cobalah mengombinasikannya dengan jamur. Bahan utama yang digunakan yaitu telur dan jamur tiram. Cukup campur bumbu, jamur, dan telur kemudian aduk hingga rata. Sama seperti membuat telur dadar, goreng campuran jamur dan telur hingga matang. Telur dadar jamur tiram siap dimakan langsung atau untuk lauk sarapan pagi.

3. Jamur Tumis Pedas

Olahan dengan cita rasa pedas saat ini semakin banyak digemari. Jamur pun dapat diolah dengan cita rasa pedas. Walaupun tumis jamur sudah biasa tetapi dengan campuran cabai akan lebih menggugah selera makan. Tumis terlebih dahulu bumbu yang sudah disiapkan, jika sudah matang masukkan jamur beserta cabai rawit. Tunggu 10 menit sampai warna jamur kecoklatan lalu angkat dan hidangkan.

4. Tongseng Jamur

Jamur juga dapat dimasak seperti layaknya kambing, yaitu tongseng. Siapkan terlebih dahulu bumbu yang dihaluskan yaitu kunyit, bawang putih, bawang merah, kemiri dan daun jeruk purut. Kemudian tumis bumbu, tambahkan air, dan masukkan jamur. Tidak lupa lengkuas dan daun salam untuk mendapatkan aroma yang lebih enak. Tunggu sampai matang kemudian angkat.

5. Nugget Jamur

Siapa yang tidak suka nugget? Pasti semua suka karena rasanya yang gurih dan enak baik dimakan langsung ataupun untuk lauk. Nugget dapat dibuat menggunakan campuran jamur. Cukup mudah untuk mengolahnya, yaitu dengan mem-blender jamur, daging ayam, dan bawang putih hingga halus. Campurkan bumbu pelengkap seperti, garam, merica, telur, kaldu jamur, tepung tapioka dan air secukupnya ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Lalu, masukkan adonan tersebut kedalam loyang lalu masukkan ke lemari pendingin dan angkat jika sudah padat. Agar tekstur menyerupai nugget, celupkan potongan nugget kedalam campuran telur dan tepung panir. Kemudian goreng dan nugget jamur siap untuk disantap.

Selamat mencoba.