Mengenal Sop Buntut Khas Masakan Asia

Mengenal Sop Buntut Khas Masakan Asia

Di Indonesia, Sop Buntut menjadi salah satu makanan berkuah yang cukup favorit di berbagai kalangan masyarakat. Rasa gurih yang dihasilkan dari buntut atau ekor sapi sebagai bahan utama menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya.

Namun, Sop Buntut ternyata tidak hanya populer di Indonesia saja. Dilansir dari Wikipedia, Sop Buntut cukup populer di beberapa benua: Asia, Amerika, dan Eropa. Dan dari ketiga benua tersebut, Asia adalah yang paling populer dengan masakan Sop Buntut. Beberapa negara Asia yang populer dengan olahan Sop Buntut nya yaitu Indonesia dan Tiongkok.

Sop Buntut di Indonesia biasaya diolah dengan membumbui potongan ekor sapi terlebih dulu yang kemudian dibakar atau digoreng lalu dimasukkan kedalam kuah kaldu sapi yang agak bening. Bahan sayuran yang digunakan umumnya meliputi kentang, wortel, tomat, daun bawang, dan seledri. Sedangkan untuk bumbu-bumbu yang digunakan yaitu masih identik dengan masakan Asia yang kaya rempah seperti merica, pala, atau cengkeh. Baru-baru ini juga ada variasi baru yang disebut ‘Sop Buntut Goreng’ yang menyajikan buntut goreng berbumbu lalu kuah sup kaldu disajikan terpisah. Ciri khas masakan Sop Buntut Indonesia yaitu taburan bawang goreng di saat penyajian yang semakin menambah gurih rasa.

Sedikit berbeda dengan di Indonesia, Sop Buntut khas masakan Tiongkok lebih mirip dengan Semur. Salah satu karakter utama Sop Buntut khas masakan Tiongkok adalah bahan padatnya yang banyak. Pengolahannya yaitu dengan mencampurkan potongan ekor sapi, kentang, wortel, kubis, tomat, dan jamur ke dalam air, kemudian diberi garam. Campuran tersebut lalu dipanaskan pada suhu didih rendah agar semua bahan memunculkan rasanya.