Tak Hanya Memberi Rasa Makanan, Inilah Peran Rempah-rempah Lainnya

Tak Hanya Memberi Rasa Makanan, Inilah Peran Rempah-rempah Lainnya

Tinggal di Asia, terutama di Indonesia pasti tidak akan sulit menemukan makanan dengan cita rasa rempah yang kuat. Tak hanya makanannya saja, bumbu atau rempah-rempah juga dapat ditemui dengan mudah di pasar, baik pasar tradisional maupun modern.

Kenapa rempah-rempah menjadi suatu bahan penting dalam pembuatan makanan?

Alasan pertama penggunaan rempah-rempah pada makanan adalah sebagai pemberi rasa. Dengan tambahan rempah-rempah, rasa dan aroma makanan dapat dihasilkan lebih maksimal sehingga meningkatkan nafsu makan.

Kedua, untuk memberikan warna pada makanan. Makanan yang berwarna akan lebih menarik perhatian penikmatnya. Selain meningkatkan daya tarik, penambahan rempah-rempah juga lebih aman karena merupakan zat pewarna alami. Rempah-rempah yang paling sering digunakan sebagai pewarna diantaranya kunyit dan cabai.

Selanjutnya, tak jarang masyarakat utamanya ibu-ibu rumah tangga menggunakan rempah-rempah sebagai bahan pengawet makanan. Selain mudah didapatkan, penggunaan rempah-rempah sebagai pengawet makanan juga dinilai lebih aman.

Yang terakhir yaitu berperan untuk kesehatan tubuh. Banyak sekali rempah-rempah yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan atau bahkan memulihkan kesehatan tubuh. Misalnya jahe yang sering ditambahkan pada makanan atau minuman untuk berfungsi menghangatkan badan.