Apa Perbedaan Keju Mozzarella dan Keju Cheddar?

Apa Perbedaan Keju Mozzarella dan Keju Cheddar?

Tahukah kamu perbedaan keju mozzarella dan keju cheddar? 

Keju merupakan makanan yang dikenal di seluruh dunia. Makanan ini sering ditemui pada hidangan-hidangan khas negara barat atau biasa disebut western food. Namun, tak jarang juga makanan Indonesia yang dikombinasikan dengan keju.

Keju sendiri terdapat beberapa jenis, namun yang paling populer adalah keju mozzarella dan keju cheddar. Apa perbedaan dari keduanya?

Dilansir dari apaperbedaan.com, keju mozzarella berasal dari Italia dengan teksturnya yang lembut dan kenyal. Keju jenis ini cenderung berwarna putih. Sedangkan keju cheddar berasal dari Somerset County of England dengan tekstur keras dan warna putih kekuningan. Keju jenis cheddar ini merupakan varian keju yang paling banyak diproduksi secara komersil.

Dari segi penyimpanan, keju cheddar memiliki rentang waktu yang lebih lama. Keju cheddar dapat disimpan hingga 60 bulan dalam satu rentang. Sedangkan, keju mozzarella dapat bertahan hingga satu bulan. Namun, untuk beberapa kasus, keju jenis ini dapat diawetkan hingga kurun waktu enam bulan.

Dibandingkan keju mozzarella, dalam hal pengemasan keju cheddar diperlukan kehati-hatian karena mengandung asam laktat di dalamnya.  Untuk bahan western food, keju mozzarella lebih banyak digunakan pada pasta dan pizza.

Jadi, keju jenis apa yang akan kamu gunakan untuk bahan membuat makanan hari ini?