Mengenal Asal Usul Tengkleng

Mengenal Asal Usul Tengkleng

Mungkin sebagian orang sudah pernah dengar atau mungkin sudah ada yang pernah mencicipi Tengkleng. Tapi sangat sedikit sekali yang mengetahui asal usul masakan khas Surakarta ini.

Tengkleng adalah masakan sejenis Sop dengan bahan utama dari tulang kambing. Bentuk fisik dari Tengkleng hampir mirip dengan Gule Kambing tetapi kuahnya lebih encer karena tidak menggunakan santan seperti Gule.

Menurut Wikipedia, dahulunya para bangsawan dan orang-orang Belanda dengan menikmati masakan yang berbahan dasar daging kambing tanpa tulang. Karena tulang yang tersisa diberikan untuk pekerja dan juru masak. Nah, pada waktu itu para juru masak tidak kehabisan ide untuk mengolah tulang-tulang yang terdiri dari tulang kepala, iga dan kaki kambing untuk menjadi masakan yang baru dan lezat.  Maka dimasaklah tulang-tulang itu yang tentunya masih menempel sedikit daging. Tulang-tulang itu dimasak selama kurang lebih 2 jam agar menjadi empuk  bersama berbagai bumbu.

           Tengkleng ini termasuk dalam Menu Gubukan dan merupakan salah satu favorit di Karunia Catering. Info & Pemesanan Karunia Catering bisa menghubungi (0274) 564628 atau datang langsung ke Graha Karunia Catering di jalan Kaliurang KM 5 gang Megatruh, Yogyakarta.