Mengatur Budget Catering Untuk Acara Pernikahan

Mengatur Budget Catering Untuk Acara Pernikahan

Catering menjadi salah satu pos pengeluaran paling besar saat pesta pernikahan, terlebih jika tamu undangan mencapai ribuan. Agar budget cukup untuk disalurkan pada kebutuhan lain, diperlukan cara agar bisa mengorganisir budget catering pernikahan. Berikut cara – cara yang bisa diterapkan agar budget untuk acara spesial kamu tetap terjangkau:

1.      Sesuaikan budget

Penting untuk memahami budget yang dimiliki agar bisa memilih paket catering dengan cermat. Dengan memahami budget yang dimiliki, kita akan lebih mudah dalam menyesuaikan paket catering dengan jumlah tamu undangan yang hadir.

2.      Kurangi menu nasi

Setiap datang ke acara pesta pernikahan, tamu cenderung mengambil sedikit nasi dan lebih suka memilih Menu Gubugan. Mengapa? Karena makanan di Menu Gubugan umumnya tidak sehari – hari dikonsumsi. Jadi, semisal paket yang ditawarkan pihak catering 20 kg menu nasi, bisa kamu mengurangiya menjadi 10 kg saja.

3.      Focus ke Menu Gubugan

Seperti yang dibahas di poin sebelumnya, orang – orang biasanya lebih tertarik pada Menu Gubugan. Biasanya mereka lebih sering mengelilingi dan mengomentari Menu Gubugan ketimbang menu di bagian tengah. Maka, alokasikan budget mu untuk lebih fokus ke Menu Gubugan.

4.      Jangan terlalu banyak jenis Menu Gubugan, namun tambah porsinya

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika memilih Menu Gubugan, yaitu jangan terlalu banyak jenisnya. Pihak catering umumnya menyediakan Menu Gubugan yang beragam. Tetapi, daripada mengeluarkan terlalu banyak ragam gubugan dengan jumlah porsi yang terbatas, lebih baik dibatasi jenisnya namun ditambah porsinya. Sebab jika jenisnya terlalu banyak, tamu akan tergoda untuk mencicipi semuanya. Ada kemungkinan tamu yang lain tidak kebagian. Selain itu, dengan memilih jenis Menu Gubugan yang sama akan menekan jumlah dana yang dikeluarkan.