Kenikmatan Bebek Suwar-Suwir, Menu Khas Yogya

Kenikmatan Bebek Suwar-Suwir, Menu Khas Yogya

Selain Gudeg, menu yang harus Anda tahu dari kota Yogya adalah Bebek Suwar-Suwir. Olahan dari daging bebek ini ternyata merupakan salah satu menu favorit Sultan Hamengku Buwono IX. Sajian menu ini memiliki sejarah yang panjang dan merupakan perpaduan kuliner khas antara Eropa dan budaya Jawa.

Saat itu Sri Sultan Hamengku Buwono IX mempekerjakan seorang chef berkebangsaan Belanda bernama Smit untuk menjadi chef di Keraton. Karena posisi seorang Chef sangatlah penting hingga Chef Smit disematkan gelar keraton yaitu Ndoro Smit. Penyajian Bebek Suwar Suwir yang dibuat oleh Chef Smit yang diberi nama “Zwaat Zuur.” Karena lidah orang Jawa agak kesusahan menyebutnya sehingga dinamakanlah Bebek Suwar Suwir.

Pada dasarnya Bebek Suwar Suwir merupakan sajian semacam steak yang disiram dengan saus kedondong yang telah dimasak dengan aneka rempah yang utama adalah cengkih. Irisan nanas ditata sedemkian rupa di dasar piring. Bercampur dengan saus kedondong memberikan sensasi rasa yang asam dan segar serta aroma bebek yang gurih ketika disantap dapat menggugah selera. Sehingga cocok sekali sebagai salah satu pilihan menu untuk Acara Anda. Karunia Catering juga menyediakan menu tersebut. Untuk info dan pemesanan Karunia Catering dapat menghubungi (0274) 564628 atau dapat datang langsung ke Graha Karunia Catering di jalan Kaliurang KM 5 gang Megatruh, Yogyakarta.