Makna Pemilihan Warna Busana Pengantin

Makna Pemilihan Warna Busana Pengantin

Pernikahan merupakan momen paling bahagia sekaligus sakral seumur hidup. Siapapun pasangan pengantin di luar sana berharap dapat melangsungkan pesta pernikahan sesuai dengan impian mereka. Pasangan pengantin pun berusaha ekstra mempersiapkan segala detail item menjelang pernikahan, salah satu hal yang sangat esensial adalah busana pengantin.

Menentukan busana pengantin pun ternyata tidak mudah. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, seperti halnya warna apa yang akan diaplikasikan dan selaras dengan tema acara. Setiap warna busana pengantin ternyata mewakili makna-makna tertentu yang disesuaikan dengan harapan si calon pengantin. Berikut sedikit penjelasan tentang warna-warna tersebut.

Putih

Putih kerap kali dikonotasikan sebagai warna suci. Selain itu, putih juga berarti elegan, kebaikan, kepolosan, kemurnian, dan sebagai lambang kesempurnaan. Mengenakan busana pengantin berwarna putih juga berarti penuh dengan kesakralan dan simbolis membuka kehidupan baru sebagai pasangan suami istri yang dimulai dengan lembaran putih yang masih kosong.

Hitam

Jika biasanya warna hitam sangat lekat dengan kesan duka, nyatanya warna ini justru dijadikan warna busana adat Jawa. Namun, kini banyak juga gaun pengantin yang sengaja dirancang berwarna hitam dan biasanya dipadukan dengan warna emas yang melambangkan keanggunan, kewibawaan, dan kebijaksanaan.

Merah

Merah dianggap warna keberuntungan, membuka banyak peluang dan menunjukkan kalau pengantin yang memilih warna ini suka dengan tantangan. Selain itu, warna merah diidentikkan dengan rasa percaya diri dan keberanian untuk mengarungi kehidupan pernikahan dalam berbagai situasi.

Hijau

Busana pengantin berwarna hijau mengandung harapan dari mempelai agar pernikahan yang akan dijalani sehat dan penuh keberuntungan. Warna hijau mewakili kehidupan serta kesuburan hingga memberi nuansa kesejukan dan juga kesegaran.

Kuning

Warna kuning merupakan warna yang paling jarang dipilih sebagai warna busana pengantin, namun siapa sangka, warna kuning memiliki makna yang cukup bagus. Di balik warna ini  sebenarnya menyimpan sebuah kehangatan persahabatan dan kedekatan, serta kebahagiaan yang terpancar dari keceriaan warnanya. Memilih warna kuning pun disarankan warna kuning lemon atau soft yellow saja.

Biru

Biru mempunyai makna ketenangan dan kedamaian. Warna ini juga menunjukkan kefemininan, kehidupan, kemurnian, sama seperti apa yang ditunjukkan oleh air. Biru juga bermakna stabilitas, keamanan, dan hidup yang panjang umur. Barangkali Mayoritas pasangan yang memilih biru sebagai warna busana pengantin berharap agar kehidupan pernikahannya kelak penuh dengan ketenangan, rasa damai dan juga langgeng.

 

Namun, apapun pilihan warna dan motif baju pengantin yang anda pilih nanti, pastikan membicarakan baik-baik dengan pasangan dan keluarga. Karena inti pesta pernikahan sejatinya ada pada cara pengikatan kedua pasangan.

Dan untuk kalian yang sedang menuju pernikahan, semoga dilancarkan segala persiapannya.