Tips Mengatur Pola Makan Menjelang Pernikahan

Tips Mengatur Pola Makan Menjelang Pernikahan

Menjelang hari bahagia, persiapan yang dilakukan tidak hanya pada detail acara saja namun juga perlu memperhatikan kesehatan calon mempelai. Menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan prima sampai Hari-H haruslah dilakukan agar pesta pernikahan berjalan lancar sesuai keinginan. Apalagi untuk calon pengantin wanita, pastinya sangat ingin memunculkan bentuk tubuh yang fit look dan terlihat menawan sehingga menambah rasa percaya diri saat mengenakan busana pengantin di hadapan banyak orang.

 

Cara yang paling mudah dilakukan adalah mengatur pola makan jauh-jauh hari dan menerapkan beberapa aktivitas berikut dengan konsisten.

1.    Rutin mengonsumsi air putih

Faktanya secara medis, tubuh memerlukan air atau cairan yang berguna untuk memproses pencernaan, penyerapan zat atau kandungan makanan untuk energi, sirkulasi darah atau pencernaan dan lainnya. Dengan mengonsumsi air putih, banyak manfaat yang bisa kita dapat. Salah satunya adalah menjaga kulit tetap bercahaya. Kulit kita sebenarnya mengandung banyak sekali air yang berfungsi sebagai benteng untuk mencegah hilangnya cairan tubuh berlebihan. Selain itu, kita akan terhindar dari keinginan untuk makan berlebih sebab perut sudah terasa sedikit agak kenyang. Jadi lebih mudah untuk mengendalikan nafsu makan. Saatnya untuk lebih rutin minum air putih agar nantinya jumlah kalori yang dikonsumsi lebih sedikit.

Ini artinya, sebaiknya tidak usah memilih minuman manis atau berkalori, seperti minuman jus buah kemasan, teh manis kemasan, soft drink, dan lainnya dan mulai beralih ke air putih.

2.    Perbanyak gerak dan olahraga

Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga rutin. Olahraga bukan hanya membantu membakar lemak dalam tubuh, tapi juga membantu mengurangi stress atau tekanan menjelang hari penting anda. Untuk mendapatkan penurunan berat badan yang lebih cepat pun, olahraga juga menjadi penentunya. Semakin intens olahraga yang anda lakukan maka semakin besar peluangnya berat badan turun.

Tapi kalau belum ada rencana atau waktu luang berolahraga, cukup dengan mengubah gaya hidup anda. Perbanyaklah gerak setiap hari, seperti sering jalan kaki kecil atau naik turun tangga di rumah ataupun tempat kerja. Bisa juga dengan melakukan gerakan lari-lari di tempat atau yoga sederhana saat menonton televisi

3.    Atur jam makan agar teratur

Sarapan, makan siang dan makan malam menjadi efektif untuk turunkan berat badan jika anda makan tak berlebihan namun kenyang. Sebaiknya puka terakhir makan di bawah dari pukul jam 8 malam. Ini supaya tubuh memiliki cukup waktu untuk mencerna. Anda juga bisa menikmati camilan di kala jam 3-4 sore, kemudian disusul dengan makan malam porsi kecil di jam 7 malam.

Dan jangan biarkan tubuh tanpa makanan atau camilan lebih dari 3-4 jam sekali. Meski bisa membantu program penurunan berat badan, tapi kebiasaan melewatkan jam makan malah bisa memberikan efek yang sebaliknya. Sebab melewatkan jam makan dapat memicu keinginan makanan yang berlebih dan memperlambat metabolisme.

4.    Kunyah makanan perlahan

Suatu rahasia, memiliki rasa kenyang lebih lama adalah dengan mengunyah makanan perlahan. Sebuah studi mengungkapkan bahwa persepsi kita tentang rasa lapar dipengaruhi oleh hormon dalam sistem pencernaan. Salah satunya hormon leptin. Hormon ini bekerja sama dengan hormon lain, seperti dopamin, untuk berinteraksi di otak menciptakan perasaan senang dan kenyang setelah makan. Nah, mereka yang makan dengan terburu-buru tak memberikan cukup waktu bagi hormon-hormon ini untuk bekerja. Akibatnya, rasa kenyang akan sulit untuk didapatkan.

Jika selama ini Anda kesulitan untuk membuat berat badan menjadi tetap mungkin salah satu penyebabnya adalah Anda makan dengan tergesa-gesa. Padahal untuk menjadikan tubuh tetap langsing caranya sangatlah sederhana sekali yaitu mengunyah makanan sebanyak 33 kali.

5.    Perbanyak asupan sayuran dan buah-buahan

Ini nih yang mungkin terasa agak susah tapi justru paling penting, kurangi ngemil. Pilihan cemilannya juga jangan sembarangan. Kurangi yang terlalu manis dan asin. Untuk lebih aman, ngemil buah-buahan segar saja. Buah dan sayur merupakan sumber zat gizi penting bagi tubuh yang rendah kalori sehingga bisa menjaga berat badan Anda. Serat dalam sayur dan buah juga akan membuat anda lebih tahan lapar, alhasil asupan yang masuk pun jadi tidak berlebihan. Vitamin dan mineral dalam sayur dan buah juga bisa membantu melancarkan metabolisme di dalam tubuh sehingga proses pembakaran kalori bisa terjadi lebih optimal.

6.    Tidur cukup setiap harinya

Jika anda ingin memiliki tubuh yang sehat dengan berat badan ideal, pastikan kamu punya waktu cukup untuk memulihkan tubuhmu dan beristirahat. Idealnya orang dewasa setiap harinya membutuhkan waktu tidur 7 jam agar kebugaran tubuh selalu terjaga.

 

Cara yang mudah bukan? Hanya dengan sedikit mengubah kebiasaan sederhana, anda bisa mendapat hasil yang maksimal. Yang tak kalah penting lagi adalah selalu berusaha berpikir positif agar hasilnya juga bisa sesuai dengan harapan. Selamat mencoba!