Jangka Waktu Ideal Mempersiapkan Pernikahan

Jangka Waktu Ideal Mempersiapkan Pernikahan

Melangsungkan pernikahan merupakan salah satu fase yang paling bahagia dalam kehidupan. Siapapun calon pengantin pasti menginginkan moment tersebut terjadi sekali dan dapat dikenang seumur hidup. Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang matang agar hari bahagia anda bersama pasangan terasa lebih menyenangkan dan berkesan.

Namun, tahukah anda berapa jangka waktu yang ideal untuk menyiapkan sebuah pesta pernikahan?

Menurut beberapa survey, sebuah pernikahan idealnya dipersiapkan selama 6 sampai 12 bulan. Alasannya karena calon pengantin memerlukan waktu survey dan diskusi terkait vendor-vendor untuk membandingkan design, konsep, serta harga. Khusus pemilihan dan penyewaan gedung pun sebaiknya dilakukan 12 bulan sebelum acara pernikahan berlangsung.

Untuk memudahkan kegiatan anda, kami akan mengurutkan kebutuhan checklist paling krusial tiap bulannya dengan menghitung mundur. Pada bulan 12 sebelum acara, lakukan survey untuk tempat/gedung, jasa catering, serta vendor make-up. Selanjutnya, di bulan ke 11, hubungi Wedding Organizer (bila membutuhkan), memilih tema dekorasi yang sesuai, serta jang lupa booking jasa fotografer dan videographer agar hari bahagia anda dapat didokumentasikan dengan baik. Masuk bulan ke 10 dan 9, rancang busana pengantin untuk anda dan pasangan, sekaligus persiapkan model yang sesuai untuk busana pendamping pengantin (keluarga/kerabat dekat).

Sembari menunggu segala item diproduksi, pada bulan ke 7 sebelum acara berlangsung, tentukan pembawa acara/MC yang tepat untuk memeriahkan acara anda. Bagi anda yang ingin menghadirkan item wedding cake, bulan ini juga sangat tepat untuk mulai memesan cake sesuai konsep anda. Tiba pada bulan ke 5, siapkan segala detail diantaranya undangan, souvenir tamu, dan pastinya cincin pernikahan yang menjadi simbolis cinta untuk disematkan pada pasangan nantinya. Lalu pada bulan 3, anda bisa lebih menikmati waktu bersantai dan relaksasi dengan spa/massage juga pertimbangkan rencana bulan madu yang indah dengan pasangan.


Jadi, atur jangka waktu persiapan pernikahan anda dan buatlah checklist agar tidak ada detail kebutuhan yang terlewat ya.