Souvenir Pernikahan Ramah Lingkungan Nan Unik

Souvenir Pernikahan Ramah Lingkungan Nan Unik

Semakin maraknya pesta pernikahan out of the box yang diidamkan para millenial, semakin ketat juga persaingan para vendor souvenir pernikahan untuk menawarkan souvenir yang unik dan sesuai dengan konsep pernikahan yang diinginkan calon pengantinnya. 

Souvenir merupakan item wajib di acara pernikahan sebagai tanda terima kasih kepada para tamu. Memilih jenis souvenir juga tidak mudah karena perlu memerhatikan keunikan dan manfaatnya. Meski begitu, souvenir yang unik tak perlu mahal, anda hanya perlu memberikan sentuhan personal dengan mendesain sesuai style anda untuk menjadikannya cantik dan berkesan bagi para tamu undangan nanti. Lebih menarik lagi, jika anda memilih souvenir ramah lingkungan sebagai wujud kepedulian dan ajakan untuk menjaga kelestraian bumi. Berikut beberapa item yang dapat kamu jadikan inspirasi saat akan memberikan souvenir pernikahan unik.

 

Pot tanaman hias mini

Kalau sempat, anda bisa berkreasi sendiri membuat souvenir nikahmu. Cukup menyiapkan tanaman hias di pot-pot mini kemudian meletakkannya dalam sebuah paper box warna-warni. Ada banyak tanaman hias yang bisa kamu pilih, seperti Kaktus, Bonsai, Sanseviera, Succulent, Adenium dan masih banyak lagi lainnya. Untuk mempercantik, anda juga bisa menambahkan kartu ucapan terima kasih kecil di atasnya. Selain itu, harganya juga terjangkau, memiliki nilai estetika dan pastinya bermanfaat untuk lingkungan. 

Sabun handmade
Salah satu ide souvenir pernikahan menarik adalah sabun herbal berbahan natural dengan berbagai bentuk dan aroma. Sabun handmade natural ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan kulit karena tak memiliki kandungan bahan kimia yang membahayakan kulit. Meski sekilas terkesan lebih mahal, anda tetap bisa kok menjadikan sabun handmade sebagai souvenir low-budget dengan mengakalinya menjadi ukuran mini, dengan kemasan yang dapat disesuaikan dengan tema acara anda.

Botol minum tumbler

Melihat antusiasme para masyarakat dalam mengurangi sampah, anda dapat memanfaatkan penggunaan botol ini. Dengan memberikan souvenir botol minum, Anda sudah melakukan ajakan kecil bagi mereka yang peduli dengan lingkungan. Nilai guna yang diberikan dalam botol ini sangat bermanfaat, terutama bagi penggunanya. Selain dapat digunakan kembali, anda juga dapat ikut serta menjaga keseimbangan lingkungan secara tidak langsung dengan tidak menggunakan kemasan plastik botol air mineral.

Sedotan ramah lingkungan

Saat ini, kita perlu mulai untuk mengurangi penggunaan sedotan yang terbuat dari bahan dasar plastik, karena selain bisa mengotori lautan atau perairan lainnya, sedotan plastik juga akan sulit untuk diurai dengan tanah. Material yang bisa dimanfaatkan sebagai sedotan ramah lingkungan diantaranya adalah bambu, kertas, logam, kaca dan silikon. Dengan kemasan yang menarik dan bisa digunakan untuk menyimpan sedotan supaya tidak berdebu, pasti akan membuat penampilan souvenir ini semakin menarik dan disukai para tamu yang menerimanya.

Totebag

Tote bag serbaguna gak pernah kehilangan pesonanya. Tas souvenir blacu model totebag selain bisa dipakai berulang-ulang sehingga mengurangi jumlah penggunaan kantong plastik juga bisa kamu jadikan souvenir pernikahan yang ramah lingkungan. Kamu bisa menambahkan design atau gambar sablon inisial nama ataupun karikatur anda dengan pasangan.

Notebook daur ulang

Selain limbah plastik, masyarakat Indonesia juga banyak memproduksi limbah kertas. Banyaknya kegiatan yang menggunakan kertas meningkatkan jumlah limbah kertas tiap tahunnya. Dan limbah kertas biasanya dibiarkan menumpuk begitu saja di sudut ruangan kerja atau rumah anda. Dengan kreatif anda dapat mendaur ulang sampah atau serahkan pada bisnis pengolahan sampah untuk menjadikan notebook sebagai souvenir pernikahan unik.

Handuk kecil

Buat olahraga atau kegiatan sehari-hari di luar ruangan, handuk kecil sangat berguna. Bisa untuk membersihkan keringat atau mengeringkan tubuh. Handuk kecil juga bisa jadi pilihan anda untuk mengajak tamu undangan buat ramah lingkungan, dengan tidak membuang-buang tisu sehabis cuci wajah atau saat berkeringat.

 

Apakah anda menginginkan souvenir yang unik, cantik, berkesan, dan bermanfaat? Pilihan item ide souvenir pernikahan ramah lingkungan di atas bisa kamu jadikan sebagai kenang-kenangan untuk para tamu undangan yang hadir di Hari-H nanti. Tertarik?