Hindari Makanan & Minuman Ini Menjelang Tidur

Hindari Makanan & Minuman Ini Menjelang Tidur

Tubuh haruslah tetap sehat dan bugar untuk dapat menjalani aktivitas sehari-hari. Memiliki waktu tidur yang baik menjadi salah faktor penentunya. Karena saat tidur, metabolisme tubuh akan melambat dan tubuh harus fokus beristirahat.


Mengkonsumsi sesuatu sebelum tidur memang tidak dilarang, namun anda mesti berhati-hati, karena ternyata ada asupan makanan dan minuman yang tidak baik dikonsumsi di jam-jam menjelang tidur. Berikut makanan dan minuman yang harus anda hindari menjelang tidur.

Minuman berkafein, kafein mengandung adenosin yang dapat menghambat rasa kantuk hingga 6 jam. Jadi hindari minuman berkafein tinggi seperti teh atau kopi jika anda ingin tidur tepat waktu.

Dark Chocolate, selain mengandung kafein dan lemak tinggi, cokelat juga mengandung theobromine yang akan membuat anda terjaga.

Makanan pedas, capcaisin dalam cabai bisa meningkatkan suhu tubuh sehingga akan membuat tidur anda tidak nyaman. Selain itu, makanan pedas dapat membuat lambung terasa panas hingga pagi harinya.

Daging ayam, karena mengandung protein yang bersifat kontraproduktif maka proses pencernaannya akan berlangsung sangat lambat. Oleh karena itu, proses pencernaan tersebut akan menghambat tubuh anda untuk beristirahat.

Junk food, mengandung lemak jenuh yang tinggi sehingga akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras.

Alkohol, dapat membuat proses metabolisme tubuh berjalan lebih cepat, sehingga sangat mungkin membuat kita terbangun beberapa kali saat tidur di malam hari.

Minuman karbonasi atau soda, selain mengandung gula tinggi, juga mengandung natrium benzoat dan bahan kimia lainnya dapat mengganggu sistem pencernaan. Perut akan terasa mulas dan panas saat anda tidur. 

Hindari 7 jenis makanan tersebut, agar anda memiliki tidur yang berkualitas dan terhindar dari gangguan pencernaan.