Tips Aman Konsumsi Makanan Mentah

Tips Aman Konsumsi Makanan Mentah

Sebagian makanan memang terasa lebih enak jika dikonsumsi mentah bahkan juga sudah menjadi trend diet sendiri.

Namun, jika ingin mengonsumsi makanan mentah, berikut ada beberapa tips aman.
1.Mengetahui jenis makanan yang bisa dimakan secara mentah
Tidak semua jenis makanan aman dan sehat untuk dikonsumsi mentah. Yang paling utama adalah kenali dan ikuti reaksi tubuh serta selera anda. Seperti hindari meminum susu yang belum dipasteurisasi, kacang merah yang belum dimasak, ataupun daging mentah karena terdapat banyak sekali mikroba yang sangat berbahaya bagi tubuh.


2.Pilih makanan mentah yang organik
Usahakan memilih sayur dan buah organik yang dibudidayakan tanpa penggunaan zat kimia, sehingga terhindar dari bahan berbahaya seperti residu pestisida yang dapat membahayakan tubuh.


3.Menjaga makanan mentah tetap fresh
Ketika membeli bahan-mahan mentah untuk dikonsumsi, usahakan agar tidak membeli terlalu banyak. Jangan memakan bahan makanan mentah yang sudah terlihat layu karena kandungan gizi di dalamnya sudah banyak berkurang.

Tidak ada salahnya mengonsumsi makanan mentah. Beberapa jenis sayuran hijau yang dimakan secara mentah malah dapat memberikan kandungan nutrisi yang lebih optimal yang bermanfaat untuk kesehatan. Namun, selain mengandung nutrisi, rata-rata makanan juga mengandung bakteri. Jadi, jangan terlewat untuk selalu mencuci dengan bersih asupan makanan anda.